-->

Tips Pertolongan Pertama Tertusuk Paku Agar Tidak Berlanjut Tetanus


Lengkapnya Info- Halo semua, di artikel kali ini saya kan mengulas salah satu penyakit yang di remehkan tapi sebenarnya sangat berbahaya yaitu tetanus.Apa itu tetanus? Tetanus adalah kejang bersifat spasme atau kaku otot yang dimulai pada rahang dan leher. Kondisi ini disebabkan oleh racun berbahaya bakteri Clostridium tetani, yang masuk menyerang saraf tubuh melalui luka kotor.
Clostridium tetani bisa bertahan hidup di luar tubuh dalam bentuk spora untuk waktu yang sangat lama.Biasanya banyak penderita tetanus setelah tertusuk paku.Tertusuk paku biasanya sering terjadi pada kaki, akan kemungkinan kecil akan terjadi pada bagian tubuh lainnya. tertusuk paku pada bagian kaki karena akibat kurangnya memperhatikan kondisi alas kaki, meskipun hal tersebut dianggap sepele namun alas kaki mempunyai peranan penting bagi kita semua.
Hal pertama yang di lakukan adalah mencabut paku yang tertancap pada kaki secara pelahan lahan, pencet dan keluarkan darah dari bagian kaki yang tertusuk paku, setelah itu segeralah untuk mencuci kaki anda.Ketika mencuci kaki, pakailah air bersih yang mengalir hingga semua darahnya menghilang.Tujuan mencuci kaki tersebut agar menghindari terjadinya infeksi yang kemungkinan besar dapat di timbulkan dari tusukan paku tersebut.
Setelah semua di lakukan, jangan lupa untuk menggunakan antibiotik pada bagian yang tertusuk paku.Nah anda bisa menggunakan antibiotik seperti betadine atau anda juga bisa menggunakan salep pada luka tersebut.Tetapi, untuk menggunakan salep pada luka yang tertusuk paku, anda harus menggunakannya sesuai ajuran dokter.Karena jika tidak cocok kan menimbulkan ruam atau memar dan segera hentikan penggunaan salep tersebut.

0 Response to "Tips Pertolongan Pertama Tertusuk Paku Agar Tidak Berlanjut Tetanus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel